Senin, 22 April 2024

Pempek Asli Palembang



Pempek merupakan hidangan bercita rasa ikan tenggiri yang disajikan dengan kuah berwarna coklat kehitaman khas Palembang bernama cuko. Selain cuko, pempek juga disantap dengan hidangan pelengkap berupa irisan dadu mentimun segar dan mie kuning. Makanan yang sudah ada sejak zaman kerajaan ini memiliki beberapa variasi seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek model, pempek keriting, pempek tahu, serta ada tekwan.

Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang pempek gaiss? yuu kami ceritakan dengan singkat aja yaaa^^

Mengutip buku Pempek Makanan Tradisional dari kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, pempek pertama kali ditemukan pada zaman Kerajaan Sriwijaya atau sekitar abad & Masehi lhooo. Hal ini dibuktikan dengan temuan Prasasti Talang Tuo yang menyatakan tanaman sagu udah ada sejak abad ke-7.

Awalnya, pempek dibuat orang asli Palembang yang kemudian dititipkan ke orang Tionghoa untuk dijual. Pempek tersebut mulai dijual oleh orang-orang China pada tahun 1916 dengan cara dijajakan sambil dibawa keliling dari kampung ke kampung dengan jalan kaki. Biasanya jajanan tersebut dijual di kawasan keraton, yang saat ini adalah kawasan Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang.

Penamaan nama Pempek berasal dari nama panggilan oleh pembeli pada si penjual kelesan yang dipanggil dengan 'empek' atau 'apek' yang dalam bahasa China berarti "paman". Para pembeli memanggil penjual kelesan tersebut dengan panggilan 'Pek, empek' yang akhirnya dikenal sebagai "Pempek" dan bertahan sampai sekarang.

Cuko khas Palembang memiliki aroma yang kuat, kental, rasa pedas, asam, dan asin yang pas. Namun seiring masuknya pendatang dari luar Sumatera, saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak suka pedas.

Pada saat ini Pempek tidak hanya jadi konsumsi rumah tangga pribadi tapi udah banyak membantu ekonomi masyarakat Palembang, dan cukup dikenal banyak kalangan dari berbagai daerah. Pempek udah jadi oleh-oleh yang tidak bisa ditinggalkan ketika berkunjung ke Palembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pempek Asli Palembang

Pempek merupakan hidangan bercita rasa ikan tenggiri yang disajikan dengan kuah berwarna coklat kehitaman khas Palembang bernama cuko. Selai...